Senin, 05 September 2016


Hal-hal berikut ini perlu diajarkan pada anak-anak sejak dini.

1. Sopan Santun
Sopan santun penting diajarkan pada anak-anak sejak dini. Mengajari mengucap terima kasih, atau meminta tolong saat memerlukan bantuan adalah contohnya. Memulai mengenalkan bersikap santun secara terus menerus dapat membawa anak memiliki sifat yang baik.

2. Tanggung Jawab
Mendidik ana-anak bertanggung jawab sejak dini. Mereka akan memikirkan kembali setiap tindakannya. Contohnya, setelah makan, ajari anak untuk mencuci piring. Atau setelah bangun tidur, merapikan kamar tidurnya.

3. Konsumsi Makanan Sehat
Membiasakan anak selalu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Hal ini melatih anak untuk terbiasa dengan gaya hidup sehat.

4. Peduli Sesama
Kepedulian terhadap sesama perlu dibentuk sejak dini. Mendidik dan mengajarkan anak berbuat kebaikan pada orang lain. Lakukan berulang, hal itu akan membekas dalam memori ingatannya. Dan akan menjadi kebiasaan positif yang akan dibawa anak hingga dewasa.

5. Tidak Bermalas-malasan
Jangan membiasakan anak bermalas-malasan. Orang tua bisa mendorong aka untuk berkreasi atau beraktivitas positif bagi di rumah maupun di luar rumah, seperti berolahraga, atau mengikuti kegiatan ekstra kurikuler di sekolah.

6. Peduli Lingkungan
Mendidik dan mengajarkan anak memiliki kepedulian lingkungan tentu berdampak baik ke depannya. Mulailah dengan contoh sederhana, seperti membuang sampah di tempat sampah. Menggunakan air secukupnya, tidak dihambur-hamburkan, sambil diberikan penjelasan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Termasuk mengajarkan perilaku berhemat energi.

7. Gaya Hidup Sehat
Menggosok gigi sebelum tidur atau setelah makan menjadi contoh mengajarkan pola dan gaya hidup sehat. Berolahraga rutin meski tidak lama di sekitar rumah juga dapat diajarkan pada anak-anak sejak kecil. Anak akan terbiasa dengan gaya hidup sehat bila ditanamkan terus menerus. (

Tidak ada komentar:

Posting Komentar